Cara Mencintai Diri Sendiri

Sebelumnya selamat datang saya ucapkan di blog nafanifa.com. Tadinya blog ini saya hadiahkan buat suami tercinta yang ingin menulis blog juga seperti saya.

Namun karena satu dan lain hal terkait rutinitas ngantornya yang sangat padat, jadilah setiap pulang kantor langsung tidur, tidak sanggup buka-buka laptop lagi. Beliau mempersilakan saya untuk mengisinya, sayang kan blognya penuh debu dan jelaga, jadi saya bersih-bersih nih ceritanya.

Cintai dirimu / SehatQ

Mengapa Perlu Mencintai Diri Sendiri?

Kalau ditanya seperti ini pasti jawabannya tak terhingga dong ya, sebab yang namanya mencintai diri mestinya wajib hukumnya. Karena tidak mungkin kita akan bisa mencintai pula orang lain jika kita belum selesai mencintai diri sendiri.

Berikut alasan mengapa penting mencintai diri dulu baru kemudian orang lain

  1. Orang yang mencintai dirinya biasanya percaya diri, Memiliki rasa percaya diri adalah salah satu pendukung kesuksesan kamu di bidang apapun. Percaya bahwa kamu bisa mengerjakan suatu pekerjaan, ini adalah afirmasi positif yang melejitkan potensi diri.
  2. Orang yang mencintai dirinya akan selalu bersemangat menyongsong pagi hari. Yup, sebab ia mempunyai sederet rencana yang akan dilakukannya sebagai efek dari tingginya motivasi internal yang datang dari dalam diri.
  3. Menjadi mudah berempati pada orang lain. Tak heran jika orang yang punya self love dalam dirinya, akan pandai menimbang rasa pada orang lain, dia akan berhati-hati pada tutur kata dan sikap. Sebab sebagai orang yang mencintai diri, ia tahu betul tidak nyamannya jika diperlakukan sembarangan oleh orang lain.
  4. Mengasah jiwa sosial pada orang lain. Orang yang mencintai dirinya lebih mudah terpanggil untuk orang lain. Contohnya ketika kamu sedang naik pesawat, pramugari akan memperagakan tutorial memakai masker oksigen untuk para penumpang. Salah satu anjurannya adalah pakai dahulu masker buat diri sendiri barulah menolong memakaikan ke orang di sebelah kamu. Begitu pentingnya mengamankan diri sendiri terlebih dulu.
  5. Orang yang mencintai dirinya tentunya menjadi orang yang berbahagia. Ketika seseorang nyaman dengan dirinya, pastinya ia jarang mengeluh, menyesalkan kondisi yang ada yang ujung-ujungnya tidak bersyukur dan tidak bahagia. Tetapi berbeda dengan orang yang menerapkan self love, ia penuh syukur yang mendatangkan kebahagiaan.

Cara Mencintai Diri Sendiri

Menurut kanal Youtube Satupersen, ada 3 (tiga) elemen yang membentuk cara dan mampu membuat kita menjadi lebih bisa mencintai diri sendiri.

  1. Perlakukan diri sendiri dengan baik

Kecewa sama diri sendiri sah-sah aja, namun jangan sampai menyesali diri dan akhirnya berkeluh kesah seolah kamu tidak mensyukuri segala kebaikan yang sudah kamu miliki. Jadi katakan pada diri, “Kita emang gagal kali ini, tapi next time bisa kita coba lagi ya.” Coba rasakan aura positifnya dibandingkankan melihat muka kamu lagi cemberut saat becermin.

2. Manusia bukanlah makhluk yang sempurna

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Selama ia masih manusia pastilah memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan. Perbedaan di antara manusia yang tidak sempurna itu adalah kemampuan untuk mengelola ketidaksempurnaan menjadi nilai lebih dengan ikhtiar yang maksimal.

3.Biasakan diri melatih diri mindfulness

Mindfulness dalam self love bisa berarti sikap menerima keterbatasan diri dan mau mengapreasiasi diri. Sehingga pikiran kamu bisa lebih tentram, tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, dan sebagainya.

Kesimpulan

Cara mencintai diri sendiri ada 3 yaitu, dengan memulai segalanya dari diri sendiri, lalu menerima fakta bahwa manusia bukan makhluk yang sempurna, dan melatih diri mindfulness.

Demikian sharing perdana saya di blog anaknya Fadlimia ini, harap maklum kondisinya masih seadanya, insyaallah akan ditingkatkan lagi menjadi blog yang menarik dan tentunya memberikan manfaat bagi banyak pembacanya.
Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *